Cardioversi beneran...........

00.05 wib 5 agustus 2008

ring tone hp fleksi ku yang kuno bunyi.....ICU
"dok ni ada pasien baru, VT lo ekgnya....tapi pasiennya masi CM, dari ugd da di konsul ke dokter jantung, dapet digoksin sama dobutamin di drop"

aku..."gimana TD nya mba? hipotensi gak, mulai delirium, ada sesak atau chest pain? (tanda2 takikardi unstable yang perlu cardioversi)?"

"gak tu dok, bapaknya bagus, TD stabil 110 an per 70, tapi HR nya 180 an"

'kita punya cordaron gak mba?'

"adanya cuma 1 bu, pasiennya askin pula"

harusnya dalam kondisi stabil gitu, pasienku itu dapet amiodaron 150 mg yang dilepas dalam 10 menit, diulang terus mpe stabil, maksimal 2,2 gr ataw 15 ampul, berhubung pasiennya askin jadi advis ku.....

" ya udah deh mba, drip aja cordaronnya dalam RL 200cc, dalam 2 jam"

advis yang gak rasional, tapi aku bisa apa dong....

08.00 wib 5 agustus 2008


pasienku itu namanya pak darhadi umur 50an , gambaran ekgnya SVT dan HR 180 ke atas...

dokter jantung dateng dan advisnya, 'kasi tyarit 3 x1 tab sama digoksin 3 x 1 tab"

"kalo kondisi turun, boleh cardioversi ya dok" (aku ngarep banget, pengen tau rasanya dan liat hasilnya)

'gak usah lah fin"

aku kecewa, trus ku liat di protap ACLS , ternyata masi bisa pake diltiazem, di bolus 15 mg trus maintanance nya 5 mg per jam, therapi oral ku kasih, tapi 1 jam an gak ada hasil, si bapak masi CM tapi keliatan capek (kebayang dong detak jantungnya 2- 3 x normal), aku order deh buat nyiapin syringe pump...

tapi TD si bapak mulai turun, 90/60....berarti bahaya pake diltiazem, coz TD bisa tambah turun

duh....aku penasaran banget pengen cardioversi

Luckily datenglah bos ku, dokter anesthesi kepala ICU yang seumuran papaku...

aku langsung minta pembenaran tentang pendapatku trus aku liatin juga buku saku ACLS ku...

beliau acc untuk cardioversi

keluarga kami panggil, dijelaskan tentang resiko cardiac arrest, anaknya setuju

dengan midazolam 3 mg, aku 'tidurin' si bapak...

Defib di set 50 joule, synchronize, I'm clear, u' r clear, everybody clear

jegrek....

HR si bapak turun dari 186 x/ menit jadi 73 x/ menit...

berhasil, berhasil.....dalam sekali cardioversi

seneng banget

anaknya langsung ku panggil, untuk sampein kabar gembira

hari ini, alhamdulillah kisaran HR si bapak antara 70-90, stabil

kalo besok stabil, bisa di pindah ke ruangan

alhamdulillah

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

1 Response to "Cardioversi beneran..........."

Perjalanan Cintaku...

Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers